Manfaat Jeruk Purut

Jeruk Purut pada umumnya digunakan untuk menambah cita rasa masakan. Namun taukah anda jika jenis jeruk yang memiliki nama latin / nama ilmiah Citrus hystrix ini juga banyak manfaatnya untuk kesehatan manusia. Jeruk yang satu ini memang dikenal memiliki banyak nama seperti  unte mukur, lemau purut, lemau sarakan, usi ela, lemo jobatai, mude matang busur, mude nelu, dan masih banyak lagi.

Banyak bagian dari tanaman ini yang ternyata bermanfaat seperti bunganya, buahnya daunnya dan akarnya. 

Tanaman Jeruk purut dapat dikembangbiakan dengan cara pencangkokan maupun dengan menanam bijinya. Perawatannya relatif lebih mudah dibanding dengan menanam dan merawat bunga. Buahnya dapat dimanfaatkan untuk untuk bumbu masakan, pembuatan kue atau dibuat manisan serta bisa menghilangkan bau amis tak sedap sehabis membersikan ikan atau daging. Nah jadi tidak ada salahnya untuk Membudidayakan Tanaman Jeruk purut ini

Sifat dan khasiat daun jeruk purut berkhasiat stimulant dan penyegar. Kulit buah berkhasiat stimulan, berbau khas aromatik, rasanya agak asin, kelat dan lama kelamaan agak pahit.
Kandungan kimia daun mengandung tanin 1, 8%, steroid triterpenoid dan minyak atsiri 1-1, 5% v/b. Kulit buah mengandung saponin, tanin 1%, steroid triterpenoid dan minyak asiri yang mengandung sitrat 2-2, 5% v/b.
Jeruk purut memiliki daun yang majemukdan berbentuk bulat telur. Daun jeruk purut memiliki permukaan yang licin. Permukaan atas berwarna hijau tua dan sedikit mengkilap. Sedangkan bagian bawah daun berwarna hijau muda. Daun jeruk purut memiliki aroma yang khas sehingga sering digunakan sebagai bumbu dapur penyedap masakan.

Manfaat Daun jeruk purut dapat digunakan sebagai penyegar. Daun jeruk purut juga berkhasiat untuk meningkatkan stamina dan mengurangi kelelahan pada tubuh. Buahnya sendiri berkhasiat untuk mengurangi influenza, serta mengatasi kulit bersisik dan terkelupas.

Share ke sahabat anda di :

Category Article
Terimakasih telah meluangkan waktu untuk membaca "Manfaat Jeruk Purut" dan bila berkenan kamu bisa share artikel tentang "Manfaat Jeruk Purut" ini dengan tombol share di Atas . Semoga bacaan tentang "Manfaat Jeruk Purut" Bisa memberikan manfaat bagi kita semua. Jika kamu memiliki referensi lain tentang artikel ini silahkan sharing lewat kotak komentar dibawah
kata kata cinta | cerita seks | kita | makalah | Resep masakan


Artikel Terkait:

What's on Your Mind...